Cara mendapatkan tawaran sponsor untuk acara dan proyek Anda

Bagaimana Anda, sebagai pemilik perusahaan kecil, mendapat manfaat dari sponsor ini untuk acara dan proyek Anda dan juga menghasilkan uang dengan itu? Baca terus untuk menemukan bagaimana Anda dapat mengakses arena sponsor.

Alasan mengapa sebagian besar organisasi besar dan menengah ini mensponsori acara atau proyek Anda adalah karena mereka ingin meningkatkan profil pemirsa mereka dengan cara yang lebih murah. Perhatikan bahwa tidak hanya perusahaan besar yang bergoyang di sini, perusahaan menengah juga melompat ke gerobak yang disponsori dan menggunakan sponsor dari segala sesuatu termasuk olahraga lokal atau komunitas, pertunjukan kesehatan, kampanye penerangan, festival budaya untuk beberapa nama.

Sebenarnya tidak ada acara atau proyek yang tidak bisa disponsori. Tetapi acara atau proyek yang sering menarik sponsor adalah yang menambah nilai bagi komunitas dan secara tidak langsung meningkatkan citra dan laba dari produk dan / atau layanan organisasi. Acara atau proyek yang berhubungan dengan kesehatan, pendidikan, amal, hiburan, seni, pemberdayaan, anak-anak dan masalah gender adalah contoh nyata dari apa yang dapat menarik sponsor.

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa acara seperti Gulder Ultimate Search, Marathon, Festival Memancing Argungu telah beruntung dalam menarik sponsor tahunan.

Apa saja jenis sponsor yang dapat saya manfaatkan?

Ini adalah dua jenis sponsor yang dapat Anda manfaatkan dari:

  • Sponsor produk: banyak perusahaan kecil dan besar merasa senang dengan hal ini. Mereka merilis produk bisnis mereka kepada Anda sebagai persetujuan untuk acara atau proyek Anda. Contoh dari perusahaan-perusahaan ini adalah Nestle Foods, Nigerian Bottling Company, UAC, MTN, Zain, Etisalat, Globacom, dll. Ada juga organisasi kecil di daerah Anda yang dapat Anda dekati dengan percaya diri untuk jenis sponsorship ini dan bahkan untuk pengusaha tunggal yang menawarkan berbagai produk. bahwa acara Anda perlu memproyeksikannya.
  • Sponsor keuangan: perusahaan akan merilis dana yang disisihkan untuk acara atau proyek Anda selama ini adalah proyek yang didukung masyarakat. Jumlah yang diminta harus cukup spesifik dan setiap langkah dalam analisis Anda tentang bagaimana uang akan digunakan harus dinyatakan dengan jelas. Contoh perusahaan pembiayaan adalah British Council, Nokia, UAC, Chevron, Texaco, Mobil, British Tobacco Nigeria Ltd, Guinness, Nigerian Breweries, Nestle, Wampco, Ford Foundation, Unilever, GTBank, Ecobank, dll. Ada juga banyak kecil dan perusahaan menengah yang menunggu untuk didekati dengan proposal sponsor Anda.

Apakah saya memenuhi syarat untuk membuat perjanjian sponsor?

Kebenaran yang menyakitkan adalah bahwa hampir tidak mungkin bagi seseorang untuk menandatangani perjanjian sponsor. Perusahaan lebih nyaman dalam berurusan dengan proposal sponsor untuk pakaian, baik pakaian pemerintah maupun non-pemerintah. Jadi pastikan bahwa ketika Anda mengajukan proposal sponsor, itu menyandang nama pakaian, terdaftar atau tidak, dan ini termasuk kelompok agama, klub, LSM, lembaga pendidikan, pendaftaran pribadi, dll. Sekarang kami melanjutkan dengan bagian selanjutnya, bagaimana Anda bisa mendapatkan sponsor kemenangan itu.

Bagaimana cara mendapatkan sponsor kemenangan itu?

Apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa sponsor Anda adalah proposal Anda. Saya menyarankan Anda mengirimkan proposal Anda di awal setiap kuartal, karena kebanyakan perusahaan meninjau buku keuangan mereka. Sekarang Anda harus mengikuti proposal Anda, kecuali bahwa perusahaan menunjukkan bahwa mereka akan menghubungi Anda kembali. Tetapi rahasia yang harus Anda ingat adalah untuk mencoba dan membangun hubungan platonis dengan petugas, mungkin di luar kantor.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyusun proposal singkat tapi bermakna untuk organisasi pilihan Anda. Yang penting adalah bahwa proposal Anda harus menunjukkan bagaimana acara atau proyek Anda dapat memajukan merek mereka dan menggambarkan citra perusahaan dalam cahaya yang baik. Tapi bagaimana Anda menulis proposal sponsor yang menang?

Sekarang Anda harus menyadari bahwa proposal Anda harus berjuang untuk perhatian di antara banyak proposal lain yang diterima perusahaan-perusahaan ini setiap hari. Anda harus tepat dalam tata letak Anda, membuat setidaknya satu atau dua halaman dan membuatnya tetap sederhana. Catat kiat-kiat berikut untuk menulis proposal yang menang.

  • Judul Anda: ini adalah subjek dari isi proposal Anda. Tuliskan judul yang langsung dan yang dapat menjual dirinya sendiri. Jika Anda tidak bisa menulis satu, cari copywriter yang baik yang dapat melakukannya untuk Anda.
  • Proyek / acara – Jika Anda menulis proposal Anda, itu harus menjadi yang pertama. Jernih dalam menjelaskan apa sebenarnya acara Anda dan hindari menyerahkan detail yang tidak membantu untuk menyatakan dengan jelas proyek atau sasaran acara Anda.
  • Target audiens – Jelas jelaskan dengan siapa proyek Anda akan fokus di depan umum.
  • Jenis sponsor yang Anda cari – jelaskan jenis sponsor yang Anda butuhkan, produk atau sponsor keuangan
  • Keuntungan sponsor – Jelaskan dalam proposal Anda apa yang akan menjadi berharga bagi sponsor karena mereka hanya ingin menghentikan uang di mana mulut mereka adalah.
  • Bayangkan pakaian Anda – setelah Anda menyelesaikan hal di atas, jelaskan pakaian Anda dan mengapa Anda memulai proyek.
  • Tanggal acara yang diajukan – Tandai ketika acara atau proyek pertimbangan sponsor dijadwalkan. Jika Anda tidak melakukan ini, Anda mungkin akan dibawa untuk perjalanan, yang berarti bahwa mereka akan mengambil waktu mereka dengan cukup baik.
  • Dan yang terakhir adalah surat lamaran Anda – Konfirmasikan surat lamaran Anda yang harus ditandatangani oleh orang yang menerimanya dari Anda

Bagaimana saya mendapatkan uang dari perjanjian sponsor ini?

Anda dapat menekan pot emas dengan dua cara: pertama, setelah menjalankan acara / Anda tidak perlu membayar kembali uang yang tersisa. Itu semua milikmu. Kedua, Anda mendapatkan uang tambahan melalui rekaman gerbang, di mana Anda mempromosikan acara Anda dengan popularitas merek terkenal sebagai sponsor utama Anda. Anda dapat menandatangani kesepakatan 50-50 dengan sponsor, tetapi dalam beberapa kasus sponsor bahkan tidak memberikan bagian ini.

Sebelum mengirimkan proposal Anda, periksa perusahaan pilihan Anda dan ketahui siapa yang bertanggung jawab atas penyelesaian masalah sponsor.

Bersiaplah untuk presentasi

Setelah proposal Anda diterima, jangan sampai ketahuan ketika Anda dipanggil untuk memberikan presentasi tentang acara / proyek Anda. Bersiaplah untuk waktu itu dan dapatkan semua fakta Anda dengan benar.

Seperti yang saya tunjukkan sebelumnya, tanyakan nomor telepon kepala petugas (jika Anda bisa) untuk memungkinkan tindak lanjut yang baik di dalam dan di luar jam resmi

Satu-satunya hal yang dapat Anda hentikan adalah diri Anda sendiri . Begitu seterusnya dengan perjanjian sponsor untuk acara atau proyek Anda.



Source by Jerry Asemota